Advertise

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Selasa, 17 Februari 2015

Makna Ahlus-Sunnah Wal-Jamaah

2 komentar

Ahlun artinya orang yang menaati atau pengikut, sebagaimana pernyataan :

اهل اتمذهب من يدين به واهل الاسلام من يدين به
"Ahlul-madzhabi artinya orang yang mengikuti madzhab itu dan Ahlul-Islami artinya orang yang mengikuti islam itu." ( Lisaanul-'Arab, Juz 1 halaman 253 )

As-Sunnah maksudnya Hadits Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam, sebagaimana pernyataan :
الكتاب والسنة اي القران والحديث
"Al-Kitaabu was-Sunnatu berarti Al-Quran dan Hadits." ( Lisaanul-'Arab, halaman 399 )

Secara terminology Hadits itu sinonim dengan Sunnah, Keduanya diartikan sebagai segala sesuatu yang diambil dari Rasullah shalallaahu 'alaihi wa sallam, sebelum dan sesudah diangkat menjadi Rasul. Akan tetapi bila disebut kata "Hadits" umumnya dipakai sebagai segala sesuatu yang diriwayatkan setelah kenabian, baik berupa sabda, perbuatan maupun taqrir atau ketetapan (ajmu'atul-Fataawaa Ibnu Taimiyah, dan Ushulul-hadits DR. M. Ajaj Al- Khathib, hal. 8 ). 


Adapun Al-Jamaa'ah artinya identik dengan Al-Ummah (Al-Mujnid, halaman 17), yaitu : Satu kumpulan orang-orang beriman yang dipimpin seorang imam untuk bekerja sama dalam urusan penting dan mereka tidak akan pergi sampai mereka meminta izin kepadanya. Allah subhaana-Hu wa ta'aala berfirman yang artinya :
"Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan apabila mereka berkumpul bersamanya berkenaan dengan urusan penting, mereka tidak pergi sebelum mereka minta izin kepadanya..." ( An-Nur, 24 : 63).
Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam, bersabda yang artinya :
"Sesungguhnya Bani Israil itu telah pecah menjadi 73 golongan. semuanya dalam Neraka, selain yang satu." Beliau shalallaahu 'alaihu wa sallam menjawab "Apa yang aku dan sahabat-sahabatku ada padanya pada masa itu." (HR Al-Hakim dalam "Al-Mustadrak", dan Ibnu Asakir dari Ibnu Amer Rhadiyallahu 'anhu; dan Kanzul-Umal. Juz I/1060)
"Dan sesungguhnya kamu akan pecah menjadi 72 firqah semuanya sesat, kecuali Al-Islam dan Jama'ah mereka." (HR Al-Hakim dalam "Al-Mustadrak" dari Katsir bin Abdillah bin Amir bin Auf dari ayahnya dari kakeknya Radhiyallaahu 'anhu; dan Kanzul-Umal, Juz I/1061)
Berdasarkan Ayat Al-quran dan Hadits-Hadits tersebut, Ahlus-Sunnah Wal-Jamaah itu adalah satu golongan umat Islam secara Internasional yang di bawah satu komando seorang Imam untuk urusan agama Islam sesuai dengan ajaran Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam dalam Hadits dan ajaran para sahabatnya.

By. Stalis

2 Responses so far.

  1. Siapa ahlussunnah sebenarnya saat ini?

  2. pantengin aja tulisan selanjutnya. kaka

Leave a Reply

 
Ahmadiyahjabar © 2014 | Designed By Blogger Templates