Advertise

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Senin, 02 Maret 2015

Kepentingan Pokok Tentang Zikir Ilahi

0 komentar
Pokok karangan ini adalah berkaitan dengan salah satu yang menurut keyakinan saya sungguh amat penting sekali. Sedangkan pokok ini mencuat ke permukaan bukan semata-mata atas qias (teori) dan istinbaat (dedukasi) belaka melaikan berdasarkan juga pada ketetapan dan perintah yang tercantum pada ayat-ayat suci Al-Quran. Boleh jadi sementara orang, setelah membacanya, akan mengatakan bahwa pokok ini bukan suatu yang luar biasa dan sebelumnya pun mereka sudah mengetahuinya. Keadaan hati manusia, kecuali Tuhan, tidak ada seorang pun yang mengetahui, Akan tetapi, saya mengatakan bahwa, menilik keadaan yang ada sekarang, di dalam pokok ini banyak sekali hal akan diterangkan yang mengenainya kebanyakan orang tidak mengetahui dan mengenainya saya tidak pernah melihat dalam kitab mana pun.


Kepentingan Pokok Tentang Zikir Ilahi.

Oleh karena pokok ini begitu umum sifatnya sehingga dengan membaca judulnya saja kebanyakan orang akan mengatakan bahwa pokok ini biasa-biasa saja dan banyak yang sebelumnya telah mengetahui. Oleh sebab itu, sebelum menulis karangan ini saya perlu menerangkan bahwa pokok ini sungguh sangat perlu lagi penting sekali. Di dalamnya banyak sekali hal akan saya terangkan sehingga apabila Saudara-saudara mengamalkan semua hal itu, maka semua hal itu akan menjadi sarana kebaikan dan keutamaan bagi Saudara-saudara.

Dalam pokok ini apa yang hendak saya terangkan adalah sebagai berikut:
  1. Zikir Ilahi atau zikrullah itu apa maknanya?
  2. Apa perlunya kita zikir Ilahi?
  3. Berapa jeniskah zikir Ilahi itu?
  4. Apa yang perlu kita waspadai dalam zikir Ilahi itu?
  5. Dalam memahami zikir Ilahi kesalahan apa saja dilakukan orang-orang?
  6. Orang-orang mengatakan bahwa pada waktu shalat pikirannya tidak dapat terpusat. Bagaimana cara dan sarananya untuk mengusir syaitan dan agar dapat bertawajuh (memusatkan perhatian?)
Inilah bagian-bagian dari pokok karangan yang mudah-mudahan Allah memberi taufik kepada saya untuk menguraikan ala kadarnya. Dengan membaca uraian ini Saudara-saudara sekalian pasti akan mengerti bahwa pokok ini bukan semacam karangan yang hanya teruntuk bagi golongan tertentu, melainkan dengan setiap orang - baik dari kalangan rendah maupun dari kalangan tinggi ; baik dari kalangan orang kaya maupun dari kalangan orang miskin, baik dari kalangan kecil maupun dari kalangan orang besar. Pendek kata bagi setiap orang. Andaikata Saudara-saudara sekalian mendengar dari saya suatu hal yang tampaknya bersahaja, maka janganlah berhenti mendengarnya. Sebab, bila Saudara-saudara akan mengalami hal itu nanti, maka akan terbukti kepada Saudara-saudara bahwa hal itu bukanlah hal yang bersahaja, melainkan sesuatu yang akan mendatangkan natijah-natijah (akibat) yang besar.

Oleh : H. Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad r.a

Leave a Reply

 
Ahmadiyahjabar © 2014 | Designed By Blogger Templates