Advertise

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 13 Maret 2015

Apa Yang Disebut Zikir Ilahi Itu?

0 komentar
Arti kata zikir ialah mengingat. Jadi zikir Ilahi berarti, mengingat Allah. Zikir Ilahi dikatakan kepada cara mengingat Allah. Yakni, menghadirakan di muka kita gambaran sifat-sifat Allah Ta'ala; menyebut sifat-sifat dengan mulut berulang kali; mengungkapkan sifat-sifat itu dari dalam lubuk hati, dan mengkaji kekuatan-kekuatan-Nya serta kekuasaan-kekuasaan-Nya itulah zikir Ilahi.

Betapa penting serta perlunya pokok ini, dengan kata-kata yang ringkas saya akan mengatakan mengenai hal ini bahwa, karena saya telah memulai menulis mengenai pokok ini, lantas saya mengatakan alasannya itu seperti itu, melainkan alasannya adalah karena Tuhan mengatakan hal itu besar nilainya. Ternyata di dalam Al-Quran Allah Ta'ala berfirman :


وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
"Dan sesungguhnya mengingat Allah itu suatu ibadah yang besar" (Al-Ankabut : 46)
Bahwa: mengingat Allah itu merupakan yang terbesar dari antara segala urusan dan terbesar dari antara segala ibadah. Jadi, kalau Allah Ta'ala berfirman bahwa zikir Ilahi itu yang paling besar dan paling penting, maka ini bukan perkataan saya melainkan perkataan Allah.

Sekarang, pasalnya ialah, apabila pokok ini paling besar lagi paling penting, maka hendaknya juga ada perintah supaya orang memberi perhatian lebih banyak kepada pokok ini. Untuk itu, kalau kita memperhatikan Al-Quran Karim maka akan kita maklumi bahwa Al-Quran sangat kerap sekali memikat perhatian orang-orang ke arah itu; yakni, orang-orang seyogianya menaruh perhatian terhadap zikir Ilahi. Allah Ta'ala berfirman:

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
"Wahai, hamba-hamba-Ku ingatlah akan Tuhan-mu waktu pagi dan petang" (Ad-Dahr:26)
Kemudian Rasulullah saw. bersabda bahwa suatu majlis yang di tengah-tengahnya wujud Allah Ta'ala disebut-sebut majlis itu dikitari oleh para malaikat dan Allah Ta'ala menurunkan rahmat-Nya.  

Leave a Reply

 
Ahmadiyahjabar © 2014 | Designed By Blogger Templates